Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

2.3 CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

2.3.1 Capaian Pembelajaran Pengetahuan
Capaian pembelajaran Pengetahuan diarahkan agar lulusan mampu:

  1. Memahami manajemen pengembangan wilayah dan kota;
  2. Memahami isu-isu saat ini dan yang berkembang di masa datang terkait dengan perencanaan wilayah dan kota;
  3. Memahami teori dan konsep dasar berkaitan dengan proses perencanaan perumahan, transportasi, infrastruktur wilayah dan Kota;
  4. Memahami teori dan konsep dasar berkaitan dengan proses perencanaan kawasan pariwisata, industri, pesisir, dan kota baru;
  5. Memahami proses dan metode penelitian dalam bidang perencanaan wilayah dan kota;
  6. Memahami berbagai aspek fisik, ekonomi, ekologi dan pranata hukum yang melandasi perencanaan wilayah kota.

2.3.2 Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
Capaian pembelajaran Keterampilan Umum diarahkan agar lulusan mampu:

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  3. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  4. Mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

2.3.3 Capaian Pembelajaran Khusus
Capaian pembelajaran Keterampilan Khusus diarahkan agar lulusan:

  1. Memiliki wawasan serta keterampilan di dalam penyusunan rencana tata ruang wilayah dan kota;
  2. Mampu mengintegrasikan aspek hukum, lingkungan/ekologi, dan ekonomi ke dalam perencanaan tata ruang Wilayah dan Kota;
  3. Memahami proses analisis dan presentasi rencana tata ruang berbasis informasi dan teknologi.

2.3.4. Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  11. Menjunjung tinggi Trikrama Universitas Trisakti.