Sambutan Ketua Prodi

Sambutan Ketua Prodi

Dr. Ir. Anita Sitawati Wartaman, M.Si

Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat datang di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Teknik Planologi, Universitas Trisakti.

Perkembangan perkotaan yang semakin lama semakin pesat menimbulkan berbagai permasalahan fisik ruang kota, masalah sosial dan ekonomi, yang cenderung berdampak negatif terhadap kehidupan kota. Saat ini saja telah kita rasakan bersama lingkungan perkotaan yang kondisi lingkungannya sudah sangat tercemar, kemacetan lalu lintas yang sudah sangat parah, prasarana dan sarana publik yang tidak memadai, tidak nyaman secara estetik, berbagai bencana alam terjadi, berbagai masalah sosial muncul; yang secara keseluruhan menyebabkan kehidupan kota dan penduduknya menjadi tidak produktif, bahkan cenderung kontra produktif.

Jurusan Teknik Planologi, Program Studi Perencanaan Kota dan Wilayah Usakti adalah bidang studi yang mempelajari dan mendalami perencanaan dan menejemen pembangunan perkotaan dan wilayah yang menghasilkan ahli-ahli yang mampu berkiprah di dalam upaya mengatasi masalah-masalah perkotaan dan wilayah tersebut.

Lulusan Program Studi Perencanaan Kota dan Wilayah Usakti dibekali dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan di dalam menyusun tata ruang perkotaan dan wilayah dan mengelola pembangunan kota dan wilayah. Dengan demikian, selaras dengan perkembangan perkotaan dan wilayah berikut berbagai permasalahan yang timbul akibat perkembangan tersebut, lulusan Program Studi Perencanaan Kota dan Wilayah akan selalu dibutuhkan oleh sektor pemerintah (pusat dan daerah), swasta (konsultan, appraisal, perbankan, dsb), pusat-pusat penelitian dan kajian perkotaan, serta perguruan tinggi.

Saat ini, alumni Jurusan Teknik Planologi Usakti sudah bekerja di berbagai bidang, dan ternyata mereka mudah terserap ke berbagai lapangan kerja. Semenjak lulus, waktu tunggu mereka untuk memperoleh pekerjaan tidak lebih dari 2 bulan. Kamipun memperoleh informasi, bahwa mereka cukup berprestasi dan sangat dihargai di tempat mereka bekerja. Mengingat lulusan Jurusan Teknik Planologi dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia relatif masih sedikit dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang masih terbuka sangat luas, kami mengajak para orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya di Jurusan Teknik Planologi Usakti yang akan menjanjikan masa depan yang cerah.

Semoga Allah SWT, selalu melimpahkan rahmat dan perlindungan bagi kita semua.